SEKILAS INFO
: - Sunday, 05-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H dan Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H

Kampus Melayu (humas) Bengkalis – Menghadirkan seorang akademisi dari IAIN Padang Sidempuan, Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag sebagai narasumber, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Keluarga Islam (HKI) menggelar Seminar Nasional tentang Islam dan Budaya Lokal yang dipusatkan di Aula Lantai 3 Gedung Pembelajaran dan Layanan Mahasiswa, Senin (16/03/2020).

Seminar dibuka oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I dan turut dihadiri oleh ketua dan sekretaris jurusan, ketua dan sekretaris prodi, para dosen, Kapolres Bengkalis, dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi HKI STAIN Bengkalis.

Dalam arahannya, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I menyampaikan bahwa STAIN Bengkalis sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi unggul dalam Pengembangan Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemelayuan selalu berusaha melakukan penguatan pemahaman kepada seluruh mahasiswa.

“Budaya lokal Melayu bukan hal yang baru bagi segelintir masyarakat Bengkalis yang mayoritas Melayu, namun hal tersebut tetap menjadi salah satu prioritas pembelajaran yang diterapkan di kampus STAIN Bengalis. Keberadaan budaya melayu ditengah-tengah masyarakat diharapkan tidak hanya sebatas kebiasaan yang diteruskan secara turun temurun, namun hal tersebut harus dimaknai oleh setiap mahasiswa untuk senantiasa menjaga nilai dan norma dalam keseharian.” Ungkap Wira.

Sementara itu, Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam, Muhammad Al Mansur, S.Sy, M.I.S melalui pelaksanaan seminar ini berharap agar seluruh mahasiswa prodi HKI terus melestarikan Budaya Lokal di Bengkalis. Terutama budaya pernikahan adat melayu, baik tepuk tepung tawarnya, mandi tamannya dan lain-lain. Kegiatan ini juga menguatkan mahasiswa prodi HKI agar tidak tergerus budaya barat dan lain-lain.

Dalam acara tersebut, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I melakukan pemasangan tanjak dan memberikan sertifikat kepada narasumber, Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag yang juga sebagai Wakil Ketua III dari IAIN Padang Sidempuan. Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama sebelum acara inti pemaparan materi oleh narasumber.

TINGGALKAN KOMENTAR